PENGARUH TINGKAT PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP LIKUIDITAS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERKEBUNAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yohana
Wahyu W
Eka Indriyani

Abstract

Rentabilitas ekonomi adalah perbandingan antara laba bersih (SHU) dengan total aset yang igunakan untuk menghasilkan laba tersebut dan dinyatakan dalam persentase. Dengan menghitung rentabilitas ekonomi dapat diperoleh gambaran efisiensi badan usaha sebagai atu keseluruhan. Laba yang digunakan sebagai dasar  perhitungan rentabilitas adalah laba sebelum pajak, karena besarnya pajak tidak dipengaruhi oleh efisien tidaknya jalan usaha tetapi dipengaruhi oleh banyak sedikitnya laba yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran kas dan perputaran piutang terhadap rentabilitas ekonomi pada Koperasi Kredit Padat Asih tahun 2014-2017. Penelitian ini menggunakan perputaran kas dan perputaran piutang  sebagai variabel independen, serta rentabilitas ekonomi sebagai variabel dependen. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini  adalah data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.


Hasil pengujian secara simultan untuk perputaran kas dan perputaran piutang berpengaruh positif terhadap rentabilitas ekonomi, sedangkan hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa perputaran kas berpengaruh terhadap rentabilitas ekonomi dan perputaran piutang berpengaruh terhadap rentabilitas ekonomi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##