PENGARUH BOOK TAX DIFFERENCES, VOLATILITAS PENJUALAN, DAN LEVERAGE TERHADAP PERSISTENSI LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks LQ-45 Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2017)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yohana
Pelinta
Siti Mutmainah

Abstract

Persistensi merupakan salah satu alat ukur kualitas laba yang ditunjukkan dengan adanya kesinambungan laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh book tax differences, volatilitas penjualan, danleverage terhadap persistensi laba.


Pada penelitian ini, populasi yang dipilih adalah perusahaan yang terdaftar di Indeks LQ-45 BEI tahun 2013-2017. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Setelah melakukan seleksi maka terpilih sampel 6 perusahaan dengan total sampel 30. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda dengan menggunakan program Minitab 18.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial perbedaan permanen book tax difference dan leverage berpengaruh signifikan negatif terhadap persistensi laba. Sementara itu, secara parsial perbedaan temporer book tax differences dan volatilitas penjualan tidak berpengaruh terhadap persistensi laba. Keempat variabel independen tersebut berpengaruh secara simultan terhadap persistensi laba.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##