PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), DAN PRICE TO BOOK VALUE (PBV) TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Tekstil Dan Garmen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2017)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yohana
Ingkak C
Bela Imelda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara simultan maupun parsial Pengaruh Earning Per Share (EPS), Debt to Equity Ratio (DER), Price to Book Value (PBV) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Tekstil Dan Garmen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2017.


Dalam penelitian ini, sampel yang diambil sebanyak 5 perusahaan. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan laporan keuangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesis.


Hasil penelitian yang diolah dengan program minitab versi 18 menunjukkan bahwa secara parsial Earning Per Share dan Price to Book Value berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh terhadap harga saham. Secara simultan variabel Earning Per Share, Debt to Equity Ratio, Price to Book Value berpengaruh signifikan terhadap harga saham.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##