IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19 MENURUT PERGUB Nomor 25 Tahun 2020 (Studi di Esa Nusa Islamic School) Binong permai Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implemetasi Kebijakan pembelajaran jarak jauh masa pandemi covid-19 di Sekolah Esa Nusa Islamic school dan Faktor – faktor penghambat apa saja yang terdapat dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh masa pandemi covid-19 di Sekolah Esa Nusa Islamic school. Dari awal tahun 2020 hingga saat ini membawa dampak pada bidang pendidikan dari pandemi Covid-19 yang dirasakan hingga saat ini, dalam hal ini berdamapak pada proses belajar mengajar di sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dimana dalam mengumpulkan informasi data dengan teknik wawancara dan observasi pengamatan terhadap guru dan siswa di Esa Nusa Islamic School . dengan menggunakan teori implementasi kebijakan Edward III. Implementasi kebijakan pembelajaran daring menjadikan guru dan siswa harus memahami faktor pendukung seperti teknologi untuk media pembelajaran, memahami hambatan siswa dalam pembelajaran online, dan memberikan solusi untuk siswa. Hal yang dilakukan oleh Esa Nusa Islamic School untuk pembelajaran ialah menggunakan berbagai macam media dalam melaksana kan pembelajaran memanfatkan platform Whatsapp, Google Class Room, dan Zoom Cloud Meeting untuk memberikan kemudahan dalam proses mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan pembelajaran secara online hal ini memberikan dampak pada guru dan siswa karena kurang maksimal dalam memberikan materi pembelajaran dan terganggunya dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan tidak tercapai tujuan dalam pembelajaran yang diharapkan.