Strategi Konvergensi media Cetak dan Media Online

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Catharina Susy Triputranti

Abstrak

Konvergensi media menjadi satu-satunya jalan agar eksistensi media tetap terjaga di masa kini, mengingat perkembangan teknologi membuat masyarakat dalam mengkonsumsi media juga berubah. Strategi dan praktik konvergensi media sudah menjadi tuntutan di era serbuan informasi yang terjadi  di seluruh dunia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi konvergensi  yang di lakukan industri media dalam mempertahankan bisnis media agar tetap produktif dan berkelanjutan. Sementara permasalahan yang sering muncul adalah tuntutan profesi jurnalis multitasking yang tidak semulus yang diperkirakan. Profesi jurnalis konvergensi harus mempunyai multiskill dalam penggunaan teknologi dan menulis berita teknologi. Namun Konvergensi menjadi salah satu strategi media lama untuk tetap menjaga ekistensinya ditengah pesatnya perkembangan teknologi internet. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan dan teknik pengumpulan data melalui observasi dari berbagai sumber, baik  dari hasil penelitian terdahulu, maupun publikasi dari berbagai media serta teori-teori yang berkaitan. Hasil penelitian ingin mengetaui proses dan strategi konvergensi  yang dilakukan yang menjadi satu-satunya jalan bagi industri media agar berkelanjutan. Meskipun ada perbedaan strategi dari beberapa hasil penelitian, namun tetap ada persamaan yang menyatakan bahwa suka atau tidak suka media harus menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat dengan melakukan konvergensi media untuk mepertahankan kelangsungan media.


Kata kunci :, konvergensi, strategi media, media cetak, media online, industry media

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Cara Mengutip
Triputranti, C. S. (2023). Strategi Konvergensi media Cetak dan Media Online. Lensa, 17(2), 70–85. Diambil dari https://jurnalunpri.ac.id/index.php/lo/article/view/120