THE PENGARUH INOVASI TEKNOLOGI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN YANG DIMEDIASI OLEH KUALITAS PELAYANAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anwar Sulaiman

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi teknologi terhadap kepuasan konsumen melalui kualitas pelayanan baik secara langsung maupun tidak langsung pada pengguna aplikasi Tokopedia yang ada di Kota Bogor. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel penelitian sehingga diperoleh 210 pengguna aplikasi Tokopedia. Hasil penelitian membuktikan bahwa inovasi teknologi secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan sehingga Untuk meningkatkan kualitas pelayanan Tokopedia dapat melakukan inovasi dengan cara Discontinuous innovations dapat berupa inovasi radikal atau inovasi yang benar-benar baru. Inovasi teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Tokopedia dapat meningkatkan Ketanggapan (Responsiveness) yaitu memberikan pelayanan yang cepat (responsif) dan tepat kepada pelanggan dengan penyampaian informasi yang jelas. Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Kesediaan merekomendasikan baik kepada keluarga, teman, dan lainnya ini sangat penting karena menjadi promosi gratis yang akan sangat menguntungkan Tokopedia dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Nilai pengaruh tidak langsung lebih besar dibandingkan dengan nilai pengaruh langsung yang artinya kualitas pelayanan mampu memediasi pengaruh inovasi teknologi terhadap kepuaasan pelanggan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Cara Mengutip
Sulaiman, A. (2023). THE PENGARUH INOVASI TEKNOLOGI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN YANG DIMEDIASI OLEH KUALITAS PELAYANAN. Lensa, 17(2), 56–69. Diambil dari https://jurnalunpri.ac.id/index.php/lo/article/view/110